PEMBARUAN: Aplikasi Microsoft Defender sekarang tidak dapat dipratinjau dan tersedia untuk individu dan keluarga.

Microsoft telah merilis versi stabil publik dari aplikasi “ Microsoft Defender ” baru untuk Windows 10 , Windows 11 , smartphone Google Android, iOS dan macOS. Pada artikel ini, kita akan membahas semua yang perlu Anda ketahui tentang aplikasi baru ini.

Unduh_Microsoft_Defender_Preview_Windows_Store_Android_Smartphones.png

Daftar isi

  • Apa itu Aplikasi Microsoft Defender untuk OS Windows dan Android?
  • Sistem Operasi Manakah yang Didukung oleh Aplikasi Microsoft Defender?
  • Apa Perbedaan antara Microsoft Defender dan Windows Defender?
  • Apakah Microsoft Defender Gratis untuk Diunduh dan Digunakan?
  • Bagaimana Cara Download Microsoft Defender di Smartphone Windows dan Android?
  • Hal Penting Lainnya yang Perlu Diperhatikan tentang Aplikasi Microsoft Defender

Apa itu Aplikasi Microsoft Defender untuk OS Windows dan Android?

Microsoft Defender adalah aplikasi baru yang dirilis oleh Microsoft untuk melindungi komputer dan ponsel. Jika Anda mengetahui alat Windows Defender atau Windows Security yang disertakan dengan Windows, Anda dapat mempertimbangkan Microsoft Defender sebagai edisi lintas platform Windows Defender.

Aplikasi Microsoft Defender akan membantu pengguna membuat perangkat mereka aman dan melindungi mereka dari ancaman berbahaya. Ini menyediakan dasbor terpusat untuk memungkinkan pengguna mengelola keamanan online perangkat mereka (PC Windows, smartphone Android, iPhone, dan Mac) di satu tempat. Anda akan mendapatkan pemberitahuan waktu nyata, kiat untuk meningkatkan keamanan perangkat, dan petunjuk untuk mencegah serangan yang mencurigakan dan berbahaya.

Sistem Operasi Manakah yang Didukung oleh Aplikasi Microsoft Defender?

Anda dapat mengunduh dan menginstal Microsoft Defender di sistem operasi Windows 10 atau Windows 11 di komputer Anda. Jika Anda memiliki smartphone Google Android, Anda juga dapat menginstal Microsoft Defender di ponsel Anda. Perangkat Apple (iOS, macOS) juga didukung oleh Microsoft Defender.

Apa Perbedaan antara Microsoft Defender dan Windows Defender?

Windows 10 dan Windows 11 sudah dilengkapi dengan alat Keamanan Windows bawaan yang merupakan versi alat Windows Defender yang canggih dan diperbarui yang ada di versi Windows lama. Jadi pada dasarnya Windows Defender, Microsoft Security Essentials (MSE) dan Windows Security yang baik adalah alat serupa yang telah berganti nama dari waktu ke waktu.

Aplikasi Microsoft Defender yang baru sangat mirip dengan alat Keamanan Windows (atau Windows Defender) yang ada di perangkat Windows 10 dan Windows 11. Jadi, jika Anda sudah menggunakan aplikasi Keamanan Windows di perangkat Windows, Anda mungkin tidak memerlukan aplikasi Microsoft Defender yang baru.

Tetapi Anda dapat menginstal aplikasi Microsoft Defender di ponsel cerdas Android dan perangkat Apple Anda untuk meningkatkan keamanan ponsel Anda.

Apakah Microsoft Defender Gratis untuk Diunduh dan Digunakan?

Saat ini, Microsoft Defender gratis tetapi menurut deskripsi resmi alat, itu akan memerlukan langganan Microsoft 365 Family atau Personal di masa mendatang.

Jadi versi Pratinjau saat ini gratis untuk diunduh dan dipasang, tetapi ketika versi stabil final akan dirilis di masa mendatang, itu mungkin memerlukan langganan berbayar.

Bagaimana Cara Download Microsoft Defender di Smartphone Windows dan Android?

Microsoft Defender tersedia di Microsoft Store, Google Play Store, dan Apple App Store untuk diunduh. Anda dapat mengunduh dan menginstalnya menggunakan tautan berikut:

Unduh Microsoft Defender untuk Windows, Android, iOS, dan macOS

Hal Penting Lainnya yang Perlu Diperhatikan tentang Aplikasi Microsoft Defender

Berikut adalah beberapa hal penting yang perlu diingat sebelum mulai menggunakan aplikasi Microsoft Defender:

  • Microsoft Defender membutuhkan Akun Microsoft (Hotmail, Outlook, dll ID email) untuk dapat menggunakannya.
  • Microsoft Defender dapat digunakan hingga 4 perangkat menggunakan ID Akun Microsoft yang sama.
  • Saat ini Microsoft Defender sedang dalam tahap pengujian dan versi yang tersedia adalah versi pratinjau dan bukan versi final. Versi stabil final akan dirilis dalam beberapa bulan mendatang.
  • Microsoft Defender di ponsel Android memerlukan izin untuk mengakses “Layanan Aksesibilitas” karena akan berjalan sebagai layanan yang selalu aktif.
  • Deskripsi resmi Microsoft Defender menyebutkan bahwa aplikasi dan layanan hanya tersedia di Amerika Serikat tetapi kami dapat menginstal dan menggunakannya di India tanpa batasan apa pun.
  • Jika Anda berencana untuk menginstal Microsoft Defender di PC Windows 10 Anda, Anda harus menginstal Windows 10 versi 19041.0 atau lebih tinggi. Anda dapat memeriksa versi Windows 10 yang terinstal di PC Anda menggunakan perintah winver seperti yang disebutkan di sini .