Hai, admin! Saya mencoba mengaktifkan Windows Defender di Windows 10, tetapi di ” 

Pusat Keamanan Windows Defender “, komponen ” 

Perlindungan virus & ancaman ” memiliki pesan: ” 

Layanan ancaman telah dihentikan. Mulai ulang sekarang “. Jika saya mencoba me-restart Microsoft Defender menggunakan tombol yang sesuai, kesalahan yang tidak diketahui muncul: “ 

Unexpected error. Sorry, we ran into a problem. Please try again”. Bagaimana cara memperbaiki Antivirus Windows Defender? Terima kasih sebelumnya!

windows defender - Layanan Ancaman telah berhenti.  Mulai ulang sekarang

Menjawab

Mari kita lihat alasan umum mengapa fitur perlindungan virus dan ancaman (antivirus bawaan Microsoft Defender) mungkin tidak berfungsi di Windows 10. Periksa semua item satu per satu.Harap dicatat bahwa mulai dari Windows 10 build 2004, 

Windows Defender Antivirus telah diubah namanya menjadi 

Microsoft Defender Antivirus .Isi:

  • Microsoft Defender Tidak Berfungsi Karena Antivirus Pihak Ketiga
  • Aktifkan Layanan Antivirus Microsoft Defender
  • Aktifkan Microsoft Defender Menggunakan Registry di Windows 10
  • Periksa Apakah Pembela Microsoft di Diaktifkan dalam Kebijakan Grup
  • Daftarkan Ulang Microsoft Defender DLL
  • Periksa dan Instal Pembaruan Windows

Microsoft Defender Tidak Berfungsi Karena Antivirus Pihak Ketiga

Periksa apakah Anda memiliki antivirus pihak ketiga yang diinstal di komputer Anda yang mencegah Microsoft Defender bekerja. Antivirus Microsoft Defender dinonaktifkan secara otomatis jika aplikasi antivirus pihak ketiga diinstal di komputer Anda.

Silakan tentukan antivirus mana yang ingin Anda gunakan – pihak ketiga atau Microsoft Defender. Jika Anda tidak memerlukan antivirus pihak ketiga, nonaktifkan atau hapus instalannya.

Aktifkan Layanan Antivirus Microsoft Defender

Agar Microsoft Defender berfungsi dengan benar di Windows 10, Anda perlu memeriksa beberapa layanan. Buka Konsol Manajemen Layanan ( services.msc) dan pastikan item berikut ada dalam daftar layanan:

  • Layanan Perlindungan Ancaman Lanjutan Windows Defender ( Sense);
  • Layanan Inspeksi Jaringan Antivirus Microsoft Defender ( WdNisSvc);
  • Layanan Antivirus Microsoft Defender ( WinDefend);
  • Pusat Keamanan ( WSCSVC).

Status layanan dapat diperiksa menggunakan PowerShell :

get-service Sense, WdNisSvc, WinDefend, wscsvc | select name,status,starttype

periksa status layanan microsoft defender dengan powershell di windows 10

Jenis startup harus Manual untuk layanan Sense dan WdNisSvc.

Layanan Pusat Keamanan (WinDefend) dan Microsoft Defender Antivirus (wscsvc) harus berjalan. Jika layanan ini dinonaktifkan, Anda tidak akan dapat menggunakan Microsoft Defender.

Verifikasi bahwa jenis startup untuk layanan diatur ke Otomatis. Jika ada layanan yang dihentikan, mulai secara manual. Jika semua layanan berjalan, mulai ulang.

mulai ulang Windows Defender Advanced Threat Protection

Aktifkan Microsoft Defender Menggunakan Registry di Windows 10

Dalam versi Windows 10 sebelum membangun 2004, dimungkinkan untuk menonaktifkan Windows Defender melalui registri. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan DisableAntiSpywareparameter registri. Opsi ini biasanya digunakan oleh OEM atau administrator sistem saat aplikasi antivirus pihak ketiga dimaksudkan untuk digunakan pada perangkat.

Jalankan Registry Editor ( regedit.exe) dan buka kunci registri HKLM\Software\Policies\Microsoft\Windows Defender . Jika parameter DisableAntiVirus dan DisableAntiSpyware DWORD ada di panel kanan (setidaknya satu), hapus atau ubah nilainya menjadi 0 .

Nonaktifkan parameter registriAntiVirus untuk menonaktifkan windows bek 10

Dalam beberapa kasus, saat Anda mengubah atau menghapus parameter registri ini, Anda mungkin menerima galat:

Cannot edit DisableAntiSpyware. Error writing the value’s new contents.

Faktanya adalah bahwa Windows Defender memiliki driver mode kernel (wdfilter.sys) yang mendaftarkan filter panggilan balik Registry yang melindungi kunci registri Defender.

Cobalah untuk menghentikan semua layanan terkait Windows Defender sebelum mengubah registri.

Coba juga untuk mengambil Kepemilikan kunci registri HKLM\Software\Policies\Microsoft\Windows Defender dan beri diri Anda izin Kontrol Penuh.

Setelah itu, coba restart Virus and Threat Protection menggunakan tombol “Restart now”. Layanan harus dimulai dengan benar.

Lalu buka Pengaturan -> Keamanan Windows -> Perlindungan virus & ancaman -> Aktifkan .

aktifkan perlindungan ancaman virus di windows 10

Periksa juga apakah opsi Perlindungan waktu nyata diaktifkan di Keamanan Windows -> Perlindungan virus & ancaman -> Kelola pengaturan.

aktifkan perlindungan waktu nyata di windows 10

Dalam build Windows 10 saat ini, Anda tidak dapat menonaktifkan Microsoft Defender Antivirus melalui parameter registri DisableAntiSpyware (celah ini digunakan oleh banyak malware).

Microsoft Defender sekarang dinonaktifkan secara otomatis oleh Windows 10 jika mendeteksi antivirus pihak ketiga yang diinstal pada perangkat Anda. Jika Anda tidak menginstal antivirus pihak ketiga dan perlu menonaktifkan Microsoft Defender, pertama-tama Anda harus menonaktifkan Microsoft Defender Tamper Protection . Fitur Keamanan Windows ini membantu mencegah aplikasi jahat mengubah pengaturan penting Microsoft Defender Antivirus, termasuk perlindungan cloud dan real-time. Perlindungan Tamper hanya dapat dinonaktifkan melalui aplikasi Keamanan Windows, dan perintah Kontrol Akun Pengguna (UAC) akan muncul untuk mengonfirmasi perubahan.

tamper protection di microsoft defender antivirus di windows 10

Anda juga dapat menonaktifkan Perlindungan Tamper melalui registri. Untuk melakukan ini, Anda perlu membuat parameter DWORD bernama TamperProtectiondengan nilai 0 di bawah kunci registri HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows Defender\Features . Tetapi sebelum itu, Anda harus terlebih dahulu mengambil kepemilikan kunci registri Fitur.

Periksa Apakah Pembela Microsoft di Diaktifkan dalam Kebijakan Grup

Buka Editor Kebijakan Grup lokal (gpedit.msc) dan verifikasi bahwa Microsoft Defender tidak dinonaktifkan melalui Kebijakan Grup. Untuk melakukan ini, buka bagian Computer Configuration -> Administrator Templates -> Windows Components -> Windows Defender Antivirus . Verifikasi bahwa kebijakan Matikan Antivirus Microsoft Defender Tidak dikonfigurasi atau Dinonaktifkan.Di Windows 10 2004 dan versi yang lebih baru, bagian GPO dengan pengaturan Defender disebut 

Microsoft Defender Antivirus .

Matikan Windows Defender Antivirus - kebijakan grup

Daftarkan Ulang Microsoft Defender DLL

Coba daftarkan ulang perpustakaan Windows Defender. Untuk melakukannya, buka prompt perintah sebagai administrator dan jalankan perintah berikut:
regsvr32 atl.dll
regsvr32 wuapi.dll
regsvr32 softpub.dll
regsvr32 mssip32.dll

daftar ulang windows defender dll

Mulai ulang Microsoft Defender dan periksa apakah masalahnya telah diperbaiki.

Periksa dan Instal Pembaruan Windows

Dalam kasus yang jarang terjadi, Antivirus Microsoft Defender mungkin berhenti bekerja setelah menginstal pembaruan Windows 10 bulanan. Dalam hal ini, coba periksa pembaruan baru dan instal melalui Pengaturan -> Pembaruan & Keamanan -> Pembaruan Windows -> Periksa pembaruan atau gunakan PowerShell untuk menginstal pembaruan terbaru . Kemungkinan besar, mereka akan memperbaiki masalah ini.

Jika tidak ada yang membantu, periksa dan perbaiki integritas gambar Windows dan file sistem dengan perintah:

sfc /scannow
DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

Saya harap panduan singkat ini akan membantu Anda memecahkan masalah jika Anda tidak dapat memulai (menghentikan) layanan ancaman di Windows 10.