Dalam beberapa kasus, selama instalasi Windows yang bersih, memutakhirkan ke Windows 11 baru, menginstal Windows 10 build baru, atau membuat gambar OS referensi menggunakan Sysprep, Anda dapat menerima kesalahan ” Komputer dimulai ulang secara tidak terduga atau mengalami kesalahan yang tidak terduga. Instalasi Windows tidak dapat dilanjutkan ”. Ketika Anda mengklik OK, komputer restart, dan jendela kesalahan muncul lagi, dan begitu terus lagi dan lagi… Apa yang dapat Anda lakukan dalam kasus ini untuk melanjutkan instalasi Windows?

Masalah ini mungkin muncul setelah reboot selama instalasi Windows (atau pembaruan) dan terlihat seperti ini:Komputer dihidupkan ulang secara tidak terduga atau mengalami kesalahan yang tidak terduga. Instalasi Windows tidak dapat dilanjutkan. Untuk menginstal Windows, klik “OK” untuk me-restart komputer, dan kemudian restart instalasi.

loop kesalahan: Komputer dihidupkan ulang secara tidak terduga atau mengalami kesalahan yang tidak terduga.  Instalasi Windows tidak dapat dilanjutkan

Seperti yang saya katakan sebelumnya, jika kesalahan “komputer restart tiba-tiba” terjadi, baik klik pada tombol OK maupun restart wizard instalasi Windows tidak membantu – kesalahan masih terus berulang.

Untuk memperbaiki masalah, Anda tidak perlu menutup pesan kesalahan atau mengklik OK:

  1. Tekan Shift + F10 tepat di layar dengan kesalahan. Pada beberapa laptop, Anda perlu menggunakan pintasan keyboard Shift+Fn+F10 , atau nonaktifkan opsi System Configuration -> Action Keys Mode = Disabled di pengaturan BIOS;
  2. Pada prompt perintah yang muncul, mulai Registry Editor menggunakan regeditperintah;
    jalankan regedit di winpe
  3. Di Peninjau Suntingan Registri, buka kunci reg  HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Setup\Status\ChildCompletion ;
  4. Di panel kanan, temukan parameter bernama setup.exe . Nilainya kemungkinan 1. Ubah ke 3 dan simpan perubahannya;Catatan . Jadi kami memaksa installer Windows untuk pergi ke tahap instalasi berikutnya.kunci registri windows ChildCompletion setup.exe
  5. Tutup Registry Editor, dan restart komputer Anda dengan mengklik OK di jendela kesalahan atau menggunakan perintah ini : shutdown -r -t 0atauwpeutil reboot

Setelah restart, proses instalasi/pembaruan Windows 10 akan berlanjut secara normal.

instalasi windows 10 sebentar lagi

Masalah ini khas tidak hanya untuk Windows 10 dan Windows 10. Solusi penginstalan sistem operasi yang terputus ini berfungsi dengan baik di Windows 7, Windows 8.1, dan Windows Server.

Alasan dan solusi lain untuk masalah restart otomatis di Windows

Masalah: Komputer secara otomatis restart dan Anda tidak punya waktu untuk membuat perubahan pada registri.

Perbaiki: Buat perubahan pada registri sistem pada disk dalam mode offline dengan mem-boot dari media instalasi atau disk boot/penyelamatan.

  1. Boot dari media instalasi Windows;
  2. Tekan Shift + F10pada layar penginstalan pertama untuk membuka prompt perintah;
  3. Anda perlu mendapatkan huruf drive yang ditetapkan untuk volume Windows Anda;
  4. Jalankan perintah:
    diskpart
    List vol
    Dalam contoh saya, Windows terletak di Volume 1 (sesuai dengan ukuran partisi). Partisi ini tidak diberi huruf kandar. Mari kita tetapkan huruf W secara manual:
    Assign letter=w:
    exit
  5. Sekarang jalankan regeditdan muat kumpulan registri HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM dari gambar Windows offline Anda;
  6. Pilih HKEY_LOCAL_MACHINE di Registry Editor dan klik File -> Load Hive . Pilih file W:\Windows\System32\Config\System
  7. Tetapkan nama sarang ( mylocal). Akibatnya, salinan offline registri Windows Anda akan dimuat di editor registri;
  8. Buka kunci reg HKEY_LOCAL_MACHINE\Mylocal\Setup\Status\ChildCompletion dan ubah nilai parameter setup.exe menjadi 3 ;
  9. Untuk menyimpan perubahan ke file registri offline, pilih File-> Unload Hive;
  10. Beralih ke jendela prompt perintah dan restart komputer menggunakan perintah:wpeutil reboot
  11. Instalasi Windows kemudian akan dilanjutkan secara normal.

Masalah : Instalasi Windows berlanjut, tetapi setelah 64% sistem instalasi Windows secara otomatis restart dan terus berputar.

Alasan: Paling sering, masalahnya adalah gambar instalasi Windows yang rusak/salah/dimodifikasi.

Solusi: bakar gambar instalasi Windows asli menggunakan Media Creation Tool resmi ( Bagaimana cara membuat drive USB UEFI yang dapat di-boot dengan Pengaturan Windows 10? ).

Jalankan instalasi bersih Windows dari stik USB baru yang dapat di-boot, pastikan untuk menghapus semua partisi pada drive tempat Anda ingin menginstal Windows (jika Anda memiliki data di drive, salin sebelum menghapus partisi). Instal Windows ke ruang yang tidak terisi . Pemasang Windows akan membuat semua partisi sistem yang diperlukan dengan sendirinya (baca lebih lanjut tentang sistem EFI dan partisi MSR di Windows 10 ).

bersihkan instalasi windows ke ruang yang tidak terisi