Jika Anda ingin menonaktifkan bilah Perintah baru di Windows 11 File Explorer dan memulihkan File Explorer klasik gaya Windows 10 dengan bilah alat Pita di Windows 11 , tutorial ini akan membantu Anda.

Nonaktifkan_Commandbar_Restore_Classic_Ribbon_Toolbar_Windows_11_File_Explorer.png

Jika Anda membuka File Explorer atau This PC di Windows 11 , Anda akan segera melihat bilah alat baru yang didesain ulang di bagian atas jendela. Windows 11 Explorer kini hadir dengan toolbar baru yang dikenal sebagai Command bar . Anda dapat mempertimbangkan bilah Perintah baru sebagai alternatif dari bilah alat klasik lama yang ada di penjelajah Windows XP yang bagus.

Tangkapan layar berikut menunjukkan bilah Perintah baru yang ada di Windows 11 Explorer:

Default_Windows_11_File_Explorer_New_Commandbar.png

Bilah perintah baru berisi beberapa tombol seperti potong, salin, tempel, hapus, urutkan, lihat, dll.

Pro dan Kontra Bilah Perintah dan Bilah Alat Pita di Windows Explorer

Bilah perintah pertama kali diperkenalkan di Windows Vista explorer dan bilah perintah yang sama dibawa ke depan ke sistem operasi Windows 7. Dengan dirilisnya sistem operasi Windows 8 , Microsoft mengganti bilah perintah dengan Ribbon UI baru. Versi Windows yang lebih baru seperti Windows 8.1 dan Windows 10 juga berisi bilah alat Pita yang sama di Explorer.

Banyak orang tidak menyukai toolbar Ribbon baru di Windows 8/8.1/10 karena menempati banyak area layar. Akhirnya Microsoft memutuskan untuk menghapus Ribbon UI dan mengembalikan Command bar sebelumnya di Windows 11 Explorer.

Tetapi bilah Perintah di Windows 11 Explorer memiliki beberapa batasan. Anda tidak dapat menambah atau menghapus ikon/tombol karena klik kanan dinonaktifkan di bilah alat baru. Tidak ada menu konteks yang muncul saat Anda mencoba mengklik kanan pada bilah alat yang membuatnya kurang dapat disesuaikan.

Juga ada banyak tombol dan opsi yang hilang di bilah Perintah baru yang ada di bilah alat Pita di versi Windows sebelumnya.

Cara Mengembalikan File Explorer Klasik dengan Pita di Windows 11

Untungnya ada tweak Registry tersembunyi untuk menonaktifkan bilah perintah baru dan mengembalikan bilah alat Pita kembali di Windows 11 Explorer. Setelah Anda menerapkan tweak ini, itu akan memaksa Windows 11 untuk selalu menampilkan UI Ribbon gaya Windows 10 alih-alih bilah perintah baru di dalam jendela Explorer.

Gambar berikut menunjukkan bilah alat Pita lama dipulihkan dan berfungsi kembali di Windows 11 Explorer:

Windows_11_File_Explorer_Ribbon_Toolbar_Restored.png

Jika Anda juga ingin menyingkirkan bilah Perintah baru dan mengembalikan bilah alat Pita di Windows 11 Explorer, metode yang diberikan di bawah ini akan membantu Anda.

Ada beberapa cara untuk mengimplementasikan tweak Registry. Anda dapat mencoba salah satu metode berikut sesuai dengan kebutuhan Anda:

METODE 1: Secara Manual Menggunakan Registry Editor (untuk Pengguna Pro)

Metode ini untuk pengguna ahli dan mahir yang memiliki pengetahuan dan pengalaman memodifikasi registri di sistem operasi Windows.

1. Tekan tombol WIN+R bersamaan untuk meluncurkan kotak dialog RUN. Sekarang ketik regedit di kotak RUN dan tekan Enter. Ini akan membuka Registry Editor .

2. Sekarang pergi ke kunci berikut:

HKEY_CURRENT_USER\Software\Classes\CLSID

3. Klik kanan pada kunci CLSID dan pilih opsi New -> Key . Ini akan membuat kunci baru di bawah kunci CLSID.

Tetapkan nama kunci baru sebagai berikut:

{d93ed569-3b3e-4bff-8355-3c44f6a52bb5}

4. Sekali lagi klik kanan pada kunci {d93ed569-3b3e-4bff-8355-3c44f6a52bb5} dan pilih New -> opsi Key . Ini akan membuat kunci baru di bawah kunci {d93ed569-3b3e-4bff-8355-3c44f6a52bb5}.

Tetapkan nama kunci baru sebagai berikut:

InprocServer32

Restore_Ribbon_UI_Windows_11_File_Explorer_Using_Registry_Editor.png

Tutup Peninjau Suntingan Registri dan mulai ulang komputer Anda atau mulai ulang Explorer menggunakan metode apa pun yang diberikan dalam artikel ini untuk menerapkannya.

Setelah restart, Anda akan mendapatkan toolbar Ribbon gaya Windows 10 lama kembali di Windows 11 Explorer.

PS: Di masa mendatang, jika Anda memutuskan untuk mengaktifkan kembali bilah perintah baru di Windows 11, hapus kunci {d93ed569-3b3e-4bff-8355-3c44f6a52bb5} dari Editor Registri.

METODE 2: Secara Otomatis Menggunakan Script Registri yang Sudah Jadi (untuk Pengguna Dasar)

Ini adalah cara termudah untuk menerapkan tweak Registry yang diperlukan secara otomatis. Jika Anda tidak ingin mengubah registri sendiri, unduh file ZIP berikut, ekstrak menggunakan 7-Zip atau utilitas arsip file lainnya dan jalankan file .REG yang diekstraksi:

Script Registri untuk Memulihkan Bilah Alat Pita di Windows 11 Explorer

File skrip akan meminta konfirmasi, terima. Restart komputer atau Explorer Anda untuk mengambil efek.

File ZIP juga berisi file UNDO untuk mengembalikan pengaturan default yaitu mengembalikan bilah perintah baru lagi.

METODE 3: Menggunakan Eksekusi Perintah Langsung di Command Prompt

Jika Anda tidak memiliki akses ke Peninjau Suntingan Registri atau tidak ingin menggunakan skrip Registri, Anda dapat melakukan tugas yang sama menggunakan Prompt Perintah. Metode ini akan menerapkan tweak Registry yang diperlukan melalui baris perintah.

1. Buka Command Prompt sebagai Administrator menggunakan cara yang disebutkan di sini .

2. Sekarang jalankan perintah berikut di jendela Command Prompt:

reg add "HKCU\Software\Classes\CLSID\{d93ed569-3b3e-4bff-8355-3c44f6a52bb5}\InprocServer32" /f

Anda akan mendapatkan pesan “Operasi selesai dengan sukses” di hasilnya.

Restore_Ribbon_UI_Windows_11_File_Explorer_Using_Command_Prompt.png

Restart komputer atau Explorer Anda untuk mengambil efek.