Ingin menambahkan nama Anda, nama perusahaan Anda, atau string teks apa pun ke Bilah Tugas Windows 11 ? Ingin menampilkan nama hari dan bulan saat ini di jam Taskbar Windows 11 ? Jika jawaban Anda adalah ya, maka artikel ini akan membantu Anda.

Pada artikel ini, kita akan belajar cara mengubah dan menyesuaikan jam Taskbar Windows 11 dan mengganti simbol AM/PM dengan nama Anda atau label lainnya. Kami juga akan mempelajari cara menampilkan tanggal lengkap termasuk nama hari dan bulan di area notifikasi Windows 11 Taskbar.

PS: Metode yang diberikan dalam artikel ini akan berfungsi di semua versi Windows termasuk Windows Vista, Windows 7, Windows 8/8.1, Windows 10 dan Windows 11.

Secara default, Windows 11 menampilkan waktu dan tanggal saat ini di area notifikasi Taskbar (juga dikenal sebagai baki sistem). Waktu ditampilkan dengan atau tanpa simbol AM/PM berdasarkan lokasi pengguna dan tanggal hanya ditampilkan dalam angka.

Gambar berikut menunjukkan tanggal dan waktu default yang ditampilkan di jam Windows 11 Taskbar:

Default_Date_Time_Display_Windows_11_Taskbar_Clock.png

Tetapi jika kami menyesuaikan format tanggal dan waktu, kami dapat menampilkan nama kami atau string teks yang diinginkan serta nama hari dan bulan di Windows 11 Taskbar.

Berikut adalah beberapa contoh output tweak yang bisa Anda dapatkan setelah mengikuti tutorial ini:

Seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, kami telah menambahkan nama situs web kami serta nama hari dan bulan penuh atau sebagian ke jam Taskbar Windows 11 . Ini adalah cara sempurna untuk mengesankan teman atau kolega Anda dengan keterampilan teknis Anda. Mereka akan bertanya-tanya bagaimana Anda menambahkannya?

Menyesuaikan tanggal dan waktu di jam Taskbar Windows 11 sangat mudah dan sederhana. Windows 11 memungkinkan pengguna untuk mengubah dan memodifikasi format tanggal dan waktu dan jika Anda tahu bagaimana melakukannya, itu adalah hal yang mudah.

Kami telah membicarakan proses ini sejak lama di tahun 2008/2009 di artikel berikut ketika Windows Vista dan Windows 7 adalah versi Windows terbaru:

Menariknya, trik lama yang bagus itu masih berfungsi di sistem operasi Windows 11 terbaru dan dalam artikel ini, kami akan menulis ulang untuk pengguna Windows 11.

Jika Anda juga ingin menyesuaikan tampilan tanggal dan waktu di jam Taskbar Windows 11, langkah-langkah berikut akan membantu Anda:

LANGKAH 1: Buka Alat Kustomisasi Wilayah

Tanggal dan waktu dapat disesuaikan menggunakan alat Wilayah yang dapat diakses menggunakan Panel Kontrol klasik atau menggunakan perintah langsung.

Tekan tombol WIN + R bersama-sama untuk membuka kotak dialog RUN. Sekarang ketik intl.cpl dan tekan Enter. Ini akan membuka jendela kustomisasi Wilayah.

Sesuaikan_Region_Locale_Settings_Windows_11.png

LANGKAH 2: Buka Jendela Kustomisasi Format Tanggal dan Waktu

Sekarang klik tombol Pengaturan Tambahan di jendela Wilayah. Ini akan membuka jendela Customize Format di mana Anda dapat mengubah format angka, mata uang, tanggal dan waktu.

Karena kami ingin menyesuaikan format tanggal dan waktu, kami akan menggunakan tab Waktu dan Tanggal .

LANGKAH 3: Sesuaikan Format Waktu di Jam Bilah Tugas Windows 11

Buka tab Waktu dan Anda akan melihat 4 pengaturan untuk disesuaikan:

  • Waktu singkat
  • Lama
  • simbol AM
  • simbol PM
Customize_Time_Display_Format_Windows_11_Taskbar_Clock.png

Untuk mengubah tampilan waktu jam Taskbar, kita perlu mengubah format Waktu Singkat . Secara default diatur ke h:mm tt yang berarti waktu ditampilkan dalam format 12 jam dengan simbol AM/PM.

h mewakili waktu 12 jam. Jika Anda ingin menunjukkan waktu dalam format 24 jam, ubah h ke HH .

tt mewakili simbol AM/PM, jika Anda ingin menampilkan simbol AM/PM, simpan tt . Jika Anda ingin menghapus simbol AM/PM, hapus tt dari kotak teks format.

PS: Anda dapat dengan cepat memilih format waktu yang tersedia menggunakan daftar drop-down. Klik panah bawah yang muncul di akhir kotak teks format waktu dan Anda akan mendapatkan daftar format waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

Sekarang bagian yang menarik datang!

Anda dapat memodifikasi teks simbol AM/PM untuk menampilkan string teks atau nama yang diinginkan di jam Taskbar.

Cukup ketik nama Anda atau string yang diinginkan di kotak teks Simbol AM dan Simbol PM dan terapkan perubahan dan itu akan segera menambahkan string teks ke jam Taskbar Windows 11.

Anda dapat mengetik string teks apa pun hingga 12 karakter di kotak teks.

LANGKAH 4: Sesuaikan Format Tanggal di Jam Bilah Tugas Windows 11

Untuk menyesuaikan format tanggal, buka tab Tanggal dan Anda akan melihat 2 pengaturan untuk menyesuaikan:

  • Kencan singkat
  • Kencan panjang
Customize_Date_Display_Format_Windows_11_Taskbar_Clock.png

Untuk mengubah tampilan tanggal jam Taskbar, kita perlu mengubah format tanggal pendek . Secara default diatur ke M/d/yyyy yang berarti tanggal hanya ditampilkan dalam angka.

M mewakili nomor bulan, d mewakili nomor hari dan yyyy mewakili tahun.

Anda dapat melakukan sebagai berikut:

Jika Anda ingin menampilkan nama bulan penuh di jam Taskbar Windows 11 (seperti April), ganti M dengan MMMM misalnya MMMM dd, yyyy .

Jika Anda ingin menampilkan sebagian nama bulan di jam Taskbar Windows 11 (seperti Apr), ganti M dengan MMM misalnya MMM dd, yyyy .

Jika Anda ingin menambahkan nama hari penuh di jam Taskbar Windows 11 (seperti Senin), tambahkan dddd di awal string format misalnya dddd, MMMM dd, yyyy .

Jika Anda ingin menambahkan sebagian nama hari di jam Taskbar Windows 11 (seperti Mon), tambahkan ddd di awal string format misalnya ddd, MMM dd, yyyy .

Anda juga dapat menampilkan sebagian tahun dengan mengganti yyyy dengan yy saja.

TIPS: Anda dapat menyalin string format dari kotak teks Tanggal Panjang dan menempelkannya di kotak teks Tanggal Pendek . Terapkan perubahan dan itu akan menampilkan tanggal penuh di jam Windows 11 Taskbar.

PS: Anda dapat dengan cepat memilih format tanggal yang tersedia menggunakan daftar drop-down. Klik panah bawah yang muncul di akhir kotak teks format tanggal dan Anda akan mendapatkan daftar format tanggal yang telah ditentukan sebelumnya.

Jadi Anda lihat, menyesuaikan format tanggal dan waktu adalah Windows 11 sangat mudah dan Anda dapat mengubah format tanggal/waktu sesuai dengan kebutuhan Anda.

Atur Ulang Format Tanggal dan Waktu ke Pengaturan Default

Ada tombol ” Reset ” yang diberikan pada tab Tanggal dan Waktu yang dapat digunakan untuk mengembalikan format tanggal/waktu ke pengaturan default.

Sesuaikan Format Tanggal dan Waktu Menggunakan Editor Registri

Saat Anda menyesuaikan format tanggal/waktu di Windows 11, ini menyimpan informasi di kunci berikut di Registry:

HKEY_CURRENT_USER\Control Panel\Internasional

Customize_Date_Time_Display_Format_Registry_Editor_Windows_11_Taskbar_Clock.png

Di panel sisi kanan, cari nilai String berikut:

  • s1159
  • s2359
  • sShortDate
  • Waktu Singkat

String ini berisi string format yang Anda ubah menggunakan jendela Region.

Anda dapat langsung memodifikasi string menggunakan Registry Editor ( regedit ). Untuk mengambil efek, Anda harus me- restart Explorer atau komputer Anda.